Mati karena pujian

Entah seberapa banyak pujian dan sanjungan yang ku dengar setiap hari, mulai dari pagi hari saat keluar rumah hinga malam hari saat pulang ke rumah. Sebagai manusia biasa, hal itu membuat hati ini merasa senang atas penghargaan dan apresiasi yang orang lain berikan dalam bentuk pujian, tapi apa yang sebenarnya terjadi adalah kebalikannya.

Jujur saja, ketika dipuji oleh orang lain, aku merasa ingin berkata “GW gitu loh”, karena perasaan yang amat senang ketika mendengar hal baik tentang ku disebut-sebut oleh orang lain. Tanpa sadar, semakin lama hati jadi haus akan pujian, setiap apa pun yang dilakukan, pasti ingin dipuji. Padahal saat dipuji, seolah-oleh seperti orang yang “kehausan dan minum air laut”, seberapa pun banyaknya air laut yang diminum, tidak akan menghilangkan haus, tapi malah menambah parah rasa haus. Jadi setelah dipuji, timbul perasaan ingin dipuji lagi dan lagi, tanpa ada habisnya.

Padahal jika direnungkan lebih dalam, ternyata diri ini adalah orang yang berkelimpahan kekurangan. Kebaikan yang orang lain lihat, sebenarnya bukan karena diri ini baik, tapi karena kasih sayang ALLAH yang telah menutupi segala aib dan kekurangan yang aku miliki. Mungkin jika ALLAH membukankan setiap kesalahan yang aku lakukan, mungkin mereka akan berfikir dua kali untuk menyanjung – nyanjung.

Dari inilah aku harus mulai berubah dalam menanggapi pujian yang orang lain berikan. Bukan dengan menjadikan pujian orang yang memuji sebagai hasil dariku, tapi aku harus mengembalikan semua pujian kepada sang MAHA TERPUJI, agar tidak terlena dan mati karena pujian.

One thought on “Mati karena pujian

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s