bahaya terlalu lama didepan komputer

dijaman yang hi-tech ini, teknologi sudah tidak dapat lagi dipisahkan dari kehidupan kita sehari -hari, tidak terkecuali komputer. komputer memegang peranan sangat penting dalam hidup kita, dengan komputer kita dapat mempermudah pekerjaan yang sulit. tapi apakah kita tahu dampak negatif dari penggunaan komputer?
pada tanggal 12-03-2009 lalu saya bertemu dengan seorang teman saya di villa duta pakuan, beliau berumur sekitar 60 tahunan. ketika saya bertemu dengan beliau, ada sesuatu yang janggal di mata saya. dia menggunakan sebuah sarung tangan yang aneh bentuknya di tangan kirinya. lalu dengan sedikit penasaran saya bertanya masalah tangannya, kemudia dia menjelaskan kepada saya kalau tangannya terkena carpal tunnel syndrome.

carpal tunnel syndrome
menurut situs Conectique.com, carpal tunnel syndrome atau CTS adalah gangguan kesehatan dengan gejala kesemutan dan nyeri pada tangan, terutama pada 3 jari pertama (ibu jari, telunjuk, dan jari tengah). Gejala itu disebabkan adanya pembengkakan saraf yang melewati terowongan karpal di pergelangan tangan. Penyakit ini dapat disembuhkan bila cepat ditangani. Gangguan ini kerap mendera individu yang sering menggunakan pergelangan tangan dalam jangka waktu lama, seperti; memegang mouse komputer.

Gejala

  1. Rasa lemah, agak kaku atau rasa janggal pada tangan dan pergelangan tangan.
  2. Jari tangan terasa tak enak, kebas, mati rasa atau kesemutan terutama pada ibu jari, telunjuk dan jari tengah. Jika dibiarkan maka kekuatan otot akan berkurang dan lama-lama fungsi tangan akan hilang.
  3. Penderita sering terbangun di malam hari karena tangan terasa nyeri dan sering disertai kesemutan. Bila sudah sangat parah benda yang dipegang tiba-tiba bisa terlepas begitu saja.

CST juga dapat terjadi akibat penyakit lain sebagai salah satu bentuk komplikasi. Kondisi-kondisi medis penyebab CST adalah; obesitas, diabetes, gangguan kelenjar tiroid, kebiasaan merokok serta mengonsumsi alkohol dan kopi. Orang yang tidak berolahraga secara teratur juga terancam karena tubuh yang kurang terlatih menyebabkan sirkulasi darah dan otot kurang bisa bertoleransi dengan stres.

Hubungan dengan pekerjaan

Profesi yang berisiko besar terancam CTS antara lain jenis pekerjaan yang banyak menggunakan tangan dalam jangka waktu panjang. Pekerjaan yang dimaksud umumnya menggunakan kombinasi kekuatan dan pengulangan gerakan yang sama pada jemari dan tangan, seperti; pekerjaan yang sering memakai komputer, olahragawan, dokter gigi, musisi, guru, ibu rumah tangga dan pekerja lapangan yang mengoperasikan alat bervibrasi seperti bor.

Pengobatan

Terapi untuk penderita tahap ringan adalah terapi konservatif alias tanpa operasi. Penderita diberi obat untuk meredakan rasa sakit, pembengkakan dan peradangan. Kemudian dilakukan fisioterapi yaitu menghangatkan peradangan dengan ultrasound, atau sinar laser.

carpal tunnel syndrome
Ada juga program latihan pergelangan tangan dan pemakaian wrist splint sejenis pembungkus untuk menetralkan posisi pergelangan tangan. Wrist split ada dua macam yang pertama bentuknya agak kaku tapi bisa digunakan saat bekerja dan yang kedua lebih kaku untuk dikenakan saat tidur karena saat tidur kita sering tanpa sadar membengkokan tangan.

Jika Anda pekerja kantoran atau sering menggunakan komputer, maka tentunya risiko CTS yang dihadapi cenderung besar. Berikut beberapa saran yang dapat Anda terapkan untuk mengatasi gangguan tersebut.

itu merupakan salah satu dari dampak negatif penggunaan komputer secara berlebihan, jadi sebaiknya kita tidak terlalu berlebihan dalam menggunakan komputer. ada baiknya juga kita mengistirahatkan tubuh kita beberapa saat setelah menggunakan komputer terlalu lama.

for
sumber : http://conectique.com
thanks to : ibrahim djayadinata

15 thoughts on “bahaya terlalu lama didepan komputer

  1. gw tiap hari tiap jam tiap detik di depan komputer..
    gimana doonk

    btw gw udah ngelink cuy,,
    jangan lupa link balik gw kalo ga pengen gw obrak abrok blog lo..
    hohohohoh

    • yaah mungkin kita ganti aja tikusnya sama kecoa biar lebih lincah …… :-p
      paling juga peregangan aja sebelum n setelah make komputer (komputernya yang di renggangin)

  2. yang pasti sih kalo emang mo terapi yang murah-meriah ya tiap pulang kantor pas mau tidur tuh tangan direndem pake aer anget + garem… biar ototnya gak tegang terus… (serius Mode ON)

    nah kalo mo lebih enak lagi tambahin irisan bawang merah, putih sama jahe sedikit… terus digoreng dah… (yang enih gila mode ON!!!!) :))

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s